Jumat, 25 November 2016

Pengertian OIS (Optical Image Stabilization) Pada Smartphone

OIS itu apa ? fungsinya???

Belakangan ini banyak vendor smartphone yang menyematkan teknologi ois pada kamera smartphone nya.. apa itu OIS?? bagaimana cara kerja OIS?

Oke, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan suatu hal yang mungkin teman teman semua sudah tahu yaitu OIS (Optical Image Stabilization).

OIS (Optical Image Stabilization) adalah mekanisme yang digunakan dalam kamera untuk menstabilkan gambar yang direkam dengan istilah lain seperti (Optical Stabilization,Steady Shot,Image Stabilizer,dsb)





 (Perbandingan antara hasil rekaman yang menggunakan OIS dan yang tidak)




Cara Kerja OIS
OIS bekerja dengan mengontrol jalur gambar melalui lensa dan ke sensor gambar
Proses dilakukan dengan mendeteksi gerakan kamera menggunakan sensor Gyroscope dan menghitung seberapa jauh lensa harus bergerak melawan gerakan tersebut. Biasanya lensa akan bergerak ke 4 arah(Atas,Bawah,Kiri,Kanan) menggunakan motor elektromagnetik, proses ini dilakukan untuk meredam getaran dan menghasilkan gambar yang stabil.



(Cara kerja OIS)







Jadi, apakah OIS itu penting?
Mungkin bagi orang yang hobi fotografi atau membuat film, OIS sangatlah penting, dan juga sebaliknya... ini hanya pendapat saya pribadi


Kelebihan Smartphone yang menggunakan teknologi OIS
-Perekaman gambar dan video yang stabil
-Cocok untuk fotografi dan videografi

Kekurangan Smartphone yang menggunakan OIS
-Harga smartphone relatif mahal

Kelebihan dan kekurangan diatas merupakan opini saya pribadi.

Kesimpulan: OIS merupakan teknologi yang bagus untuk diterapkan pada kamera smartphone, namun mengingat harga smartphone yang menggunakan teknologi OIS realtif mahal, mungkin anda harus berpikir dua kali untuk membeli smarthpone itu. Mungkin kedepanya ada vendor smartphone yang membuat smartphone murah berteknologi OIS pada kameranya, sehingga masyarakat tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk menikmati teknologi premium ini.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat...
termikasih telah membaca artikel ini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar